Pengertian Sumber Belajar
Sumber
belajar (learning resources) adalah semua sumber baik berupa data, orang dan
wujud tertentu yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar, baik
secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga pembelajaran menjadi
efektif dan efisien mempermudah peserta didik dalam mencapai tujuan belajar
atau mencapai kompetensi tertentu. Menurut Ahmad Rohani : Sebuah kegiatan
belajar mengajar akan lebih efektif dan efisien dalam usaha pencapaian tujuan
instruksional jika melibatkan komponen proses belajar secara terencana, sebab
sumber belajar sebagai komponen penting dan sangat besar manfaatnya.
Media hendaknya dapat dimanipulasi, dilihat, didengar dan dibaca. Media pembelajaran merupakan sumber belajar bagi siswa dalam upaya peningkatan hasil belajarnya, dalam kaitan ini Arief Sadiman dkk (2003:5) membagi beberapa jenis sumber belajar yaitu:
1. Bahan (Materials) atau yang biasa dikenal dengan perangkat lunak (software) seperti buku, modul, majalah, OHT.
2. Alat (Device) atau dikenal dengan perangkat keras (hardware) seperti projector film, projector overhead, video tape, cassette recorder, TV.
3. Teknik yaitu prosedur rutin atau acuan yang disiapkan untuk menggunakan alat, bahan, orang dan lingkungan untuk menyajikan pesan. Seperti teknik demontrasi,
ceramah, tanya jawab, belajar mandiri.
4. Lingkungan atau Setting yaitu tempat yang memungkinkan siswa belajar seperti gedung sekolah, museum, perpustakaan dan lain - lain.
Media hendaknya dapat dimanipulasi, dilihat, didengar dan dibaca. Media pembelajaran merupakan sumber belajar bagi siswa dalam upaya peningkatan hasil belajarnya, dalam kaitan ini Arief Sadiman dkk (2003:5) membagi beberapa jenis sumber belajar yaitu:
1. Bahan (Materials) atau yang biasa dikenal dengan perangkat lunak (software) seperti buku, modul, majalah, OHT.
2. Alat (Device) atau dikenal dengan perangkat keras (hardware) seperti projector film, projector overhead, video tape, cassette recorder, TV.
3. Teknik yaitu prosedur rutin atau acuan yang disiapkan untuk menggunakan alat, bahan, orang dan lingkungan untuk menyajikan pesan. Seperti teknik demontrasi,
ceramah, tanya jawab, belajar mandiri.
4. Lingkungan atau Setting yaitu tempat yang memungkinkan siswa belajar seperti gedung sekolah, museum, perpustakaan dan lain - lain.
5. Message (pesan), yaitu informasi/ajaran yang diteruskan oleh komponen lain yang dalam bentuk gagasan, fakta, arti dan data. Termasuk dalam kelompok pesan adalah semua bidang
studi/mata kuliah atau bahan
pengajaran yang diajarkan kepada peserta didik, dan sebagainya.
6. People (orang), yakni manusia yang bertindak sebagai penyimpan, pengolah dan penyaji pesan. Termasuk kelompok ini misalnya guru/dosen, tutor peserta didik dan sebaginya.
Arif
Sadiman (1993) Media Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
ino putro.
http://indrockz.com(multimedia for life)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar