Rabu, 04 April 2012

Kerucut Edgar Dale merupakan suatu acuan yang dalam pemilihan media untuk sumber dan sarana belajar bagi siswa dengan tetap mengacu pada karakteristik serta tugas perkembangan siswa sehingga penggunaan dan pemanfaatan media dalam pembelajaran dapat memperoleh hasil optimal dengan maksud media membantu dan mempermudah proses pembelajaran siswa bukan sebaliknya media malah mempersulit proses pembelajaran siswa. 
Hubungan Media Belajar dengan Teori ''EDGAR DALE'' sebagai berikut:
-Sumber verbal kaitannya dengan media pembelajaran adalah sebagai ucapan dalam memberikan materi agar lebih mudah dipahami dan dimengerti.
-Sumber visual kaitannya dengan media pembelajaran adalah sebagai pengelihatan atau panca indra guna memahami suatu bagan, diagram, grafik dan sejenisnya dalam suatu metode pembelajaran.
-Rekaman radio kaitannya dengan media pembelajaran adalah sebagai alat pendengar guna mendapat informasi bukan hanya dari suatu media saja seperti koran, majalah, dan jurnal, agar kita berimajinasi dengan berbagai macam hal seperti photo, slide, ilustrasi dan sejenisnya.
-Film kaitannya dengan media pembelajaran adalah sebagai suatu informasi guna mendapatkan suatu informasi  yang bisa digunakan untuk bahan diskusi dalam suatu media pembelajaran.
-Televisi kaitannya dengan media pembelajaran adalah sebagai suatu informasi guna mendapatkan suatu kabar yang terupdate atau yang terkini. Dan dihubungkan dengan suatu video sebagai tuntutannya.
-Pameran kaitannya dengan media pembelajaran adalah sebagai suatu media informasi yang mana poster sebagai media informasinya dan display sebagai media pendukungnya dan papan sebagai media pengumuman atau alat informasi.
-Darmawisata kaitannya dengan media pembelajaran adalah sebagai suatu media informasi sebagai observasi (peninjauan atau penelitian) ke suatu museum guna mendapatkan informasi tentang berbagai hal yang berkaitan dengan museum itu sendiri.
-Demonstrasi kaitannya dengan media pembelajaran adalah sebagai suatu atau alat dalam mengungkapkan aspirasi guna mendapatkan tanggapan  yang diaspirasikannya. Dan diilustrasikannya (gambarkan) dengan membuat tulisan-tulisan dan alat-alat yang berpendidikan serta bahan-bahan yang ingin dibawa dalam melakukan sebuah demonstrasi.
-Pengalaman yang didramatisasi kaitannya dengan media pembelajaran adalah media atau obyek sebagai suatu informasi guna mendapatkan asal-usul suatu sejarah seperti wayang, drama dan skrip.
-Pengalaman yang logis kaitannya dengan media pembelajaran adalah sebagai suatu media informasi berdasarkan pengalaman seseorang yang dia dapat berdasarkan model pembelajarannya dan obyek pembelajarannya serta specimen.
-Pengalaman yang bertujuan kaitannya dengan media pembelajaran adalah sebagai suatu media informasi yang berdasarkan pengalaman, akan tetapi tujuannya secara manual berdasarkan media yang didapatkannya. 
http://indrockz.com(multimedia for life)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar